Jumat, 13 Januari 2012

Hikmah Penghayatan Iman Kepada Hari Akhir

Beberapa hikmah yang dapat dihayati terdapat keimanan akan hari akhir, antara lain sebagai berikut :

1. Menyadari bahwa hari kiamat pasti akan datang dan tidak akan ada yang tahu waktu kejadiaannya, kecuali hanya Allah SWT.
2. Hancurnya alam  semesta di hari kiamat membuktikan bahwa Allah Maha Kuasa melakukan segala sesuatu yang dia kehendaki. Dia adalah raja yang maha menguasai hari kemudian.
3. Akibat peristiwa luar biasa tersbut, manusia harus mempersiapkan diri dengan bekal amal saleh karena tidak pernah ada satu pun makluk yang mengetahui waktu dan kedhasyatannya.
4. Manusia akan dapat keadilan allah dengan seadil-adilnya. Manusia tidak ada yang luput dari perhitungan dan  pembalasan di hari kemudian.

5. Manusia harus menyadari tanda-tanda menjelang datangnya hari kiamat dan mulai intropeksi untuk memperbaiki segala ucapan, sikap, atau tingkah laku.
6. Di alam mahsyar, hanya amal perbuatan yang baik yang akan membantu memayungi di tengah-tengah kumpulan seluruh makluk yang di bangkitkan.  Oleh karena itu, kesadaran untuk menabung amal tersebut sudah harus di persiapkan saat ini juga.
7. Semua perhitungan amal perbuatan manusia di hitung secara teliti dan tidak akan terlewat meski hanya seberat biji zarrah.

2 komentar:

  1. Apakah tanda tanda penghayatan iman kepada hari akhir, sama seperti hikmah penghayatan hari akhir?
    Thanks

    BalasHapus